Senin, 09 Juli 2012

Giliran jajal TIAOR Blitar ^__^

Kali ini giliran adventuran di daerah Blitar. Acaranya TIAOR (Trooper Indonesia Adventure OffRoad). Jumat Siang stlh sholat jumat brangkat dr Jember. Awalnya ada 6 mobil yg akan berangkat barengan, team Raung offroad, gk taunya bbrp mobil yg lain tdk jadi berangkat. Tetapi krn si Pas ud janjian sm tmn" yg lain, serta ud kadung daftar, so kita ttp brangkat 1 mobil saja dr Jember, kita brangkat brdua ajah, tepat setelah sholat Jumat kita brangkat lewat Malang selatan, ato piket Nol...pemandangannya sebenrnany keren..tp sayang krn terlalu sore dan posisi hujan deras..gk bs menikmati perjalanan. Alhamdulillah meski perlahan, akhirnya smpe juga di Blitar hampir jam 10 malem. Akhirnya lgsg daftar ulang dan scruttering di hotel Grand Mansion. Diundi, dan dpt nmr lambung 31. Trus dpt jatah hotel di Herlingga.Gk smp 2 kilo jauhnya dr Grand mansion yg ud penuh sm peserta lainnya. Kebetulan Papi n saya gabung sm Team Troonus Malang Surabaya yg ada 4 mobil, jadi ada 5 mobil beriring iringan ke hotel utk istirahat.

Keesokan paginya jam 7an kita brangkat ke Start, tepatnya di Mapolres Blitar. Naaah...narsis dulu deh dihalaman mapolres Blitar Kemudian diberangkatkan satu persatu sesuai nomor urutnya. Tapi kluar start, tmn tmn baris nunggu di dpn untuk kumpul bareng lagi. Ternyata jalur CRnya menuju kearah bendungan Wlingi. Naah...di arah kawasan perhutani Koulon Sutojayan. Disitu ntinya dibagi 2 jalur, 1 jalur utk kelas A, ato track adventure. Dan jalur ke 2 adalah untuk kelas B, yg katanya utk track extrem.
Naah..krn kita gk ada rollbarnya, jd diminta daftar kelas A, alias jalur adventure. dari 5 mbl yg daftar kelas B hanya 1 mobil saja punya wak kaji alias KS (kera Sakti). Namun krn kita ud janji utk kompak n ttp brg 1 team, akhirnya diputuskan masuk ke kelas B, tp dgn syarat segala resiko kita sndr tanggung, dan klo mmg jalurnya terlalu extrem, kita gk sungkan n malu utk backtrack.

Akhirnya sm panitia diijinkan, asalkan berangkat CR di terakhir sndr shingga tdk menggangu peserta yg lain. Okeeh...kita tdk mslh, krn tdk mengejar poin utk kompetisi, tapi buat seneng senengan ajah..
Akhirnya 5 mbl msuk track. Urutan pertama adalah si kera sakti dgn wak Kajinya, trus urutan ke dua si Ijo Godong (aku), ketiga si Susi (mbl om Vinny), trus keempat mbl Babe Toni (ni hebaaat..usianya pasti diatas 65an, dan tanpa navigator looh), dan ke 5 mobil cheroke punya Pak Icuk sebagai swipeernya.

Pas mo masuk pos pertama, disambut turunan tajam alias cerukan V yg kemudian disambut jalan yg minus, krn posisi tanahnya sangat berbeda grastis. Setelah si KS lolos, giliran aku buat turun, si navigator (Papi) ud ready di dpn mbl buat ksh aba aba. aseli deg deg an, krn aku takut banget sm namanya jalan turunan (dulu trauma pernah kecelakaan di jalan turunan). Pas turunan sukses, tapi krn ambilnya terlalu kanan, akhirnya mbl miring, pdhl dikanan tuh gk ada sandaran pohon, dan langsung jurang..hihihihi..mringis liatnya deh
Tapi kudu smangat, maunya sih driver lgsg ganti Papi, tapi dia bilang, mas gt ajah gk bs, masa gt nyalinya ud cuit...ayooo..pasti bs koq...akhirnya meski di strap n digandoli sm temen" biar gk masuk jurang, agak deg degan juga, akhirnya lolos juga.
Kemudian menuju Pos ke 2, disana turunannya kek seluncuran, panjang dan dalem. Dan tanjakan berikutnya gk kalah maut. Naeknya sptnya 10 meteran sih, dan kemiringannya lumayan. Cmn aseli disini sy bener bener kehilangan nyali, krn wajib dan harus make winch ato PTO...sedangkan sy belom pernah nyoba si PTO, klo winch ajah sih msh pede. akhirnya saatnya Papi yg braksi dgn PTOnya, tapi pas setengah tanjakan, tiba tiba si PTO gk fungsi, sepertinyagardan PTOnya patah ato gmn, krn sy krg paham mslh teknis, dan mbl yg sdh 1/2 tanjakan, tiba tiba mluncur tajam kembali trun. Liatnya ajah ngeri, mbayangin sy ada didlm mobil itu, pasti campur aduk  perasaannya. Untunglah pas di cek gpp...Cmn PTOnya akhirnya tdk bs berfungsi lagi. Pdhl ud diunggul"kan tuh Trooper pake PTO. Dan bbrp minggu lalu si PTO pdhl ud sukses evakuasi truck yg nyemplung ke jurang. kenapa si PTO gk fungsi skrg. Ya sudahlah..akhirnya kita coba tarik pake winch tmn", 2 winch di tandem. Dan syukurlah sukses naek dgn selamat. Dan 4 mbl lainnya jg aman naek ke Pos 2 dgn selamat. Kemudian sblm lanjut ke pos3, kita isoma di deket pos 2. Setelah bbrp waktu istirahat dan sholat, kita jln lagi ke pos 3. Kali ini giliran aku yg bawa kendaraannya, narsis dulu aaah

Ternyata di Pos ke 3 ini tracknya ancur ancuran.....Becek dan dalem tuh lumpurnya. Ragu ragu antara turun apa gk. Akhirnya alesan mo poto poto dulu aku trun dr mobil. Pdhl biar si Papi yg mindahin mobilnya. Abisnya tracknya syereeem banget tuh, abis sungai lumpur, disambut tanjakan mantaaaaappp....


 So silahkan papi bw keatas mblnya yaah...Ini foto cheroke pak Icuk. Dan si Kera Sakti Wak kaji Zen yg sama sama dr Surabaya.
Ni org org ud para dedengkotnya Offroad niih

Si kera Sakti mlh bisa tandem sm si Susi mbl Om Vinny.
Pokoknya keren deeh liat ini. Sebenernya ngiler pengen naikin mblnya ke atas, tp gk pede ajah.



Trus lanjut Pos 4, tapi diantara pos 3 dan 4 ternyata ada 1 cerukan lagi...Pedeeeeeee...harus saya yg naekkan niih kt hati saya teriak. Buat apa dunk ikutan offroad klo gk brani naek ato nurunin mbl di medan spt ini, mendingan nyetir dijalan raya biasa dunk *ngledek diri sendiri.
Akhirnya diputuskan turun di cerukan ini, woooooooooowww...tanjakannya luar biasa loooh...Sekarang urutannya si Ijo godong (mbl saya) ada diuruatan ke 4, krn si PTO trouble, sehingga klo ntr gk kuat, bs tandem winch ato strap.


Hehehehe... suksessssss...sampe juga diatas, meski hampir 1/2 perjlnan hrs di strap biar gk mlorot. yaah..ternyata lupa di poto deeh...niih for Babe Toni ajah deeh stlh aku naek br difoto

Sukses ceruk bayangan, lanjut pos 4...weleeeh weleeeeh..si Kera Sakti, cheroke tanpa nge winch...hebaaaaaaaaattt. Lanjut mbl om Vinny si susi nge winch dikit cmn 2 meter ajaah..Kalo saya sih nyante nyate ajaah...separo tanjakan gk kuat, ya nunggu di strap n di winch ajaah deh nyari aman, kan sy sndr yg bw kendaraannya, pokoknya safety first deeh



Ternyata di pos 4 banyak org dr team lain, malahan ada yg masak masak n mbengkel mbl yg trouble. Karena hari ud mulai sore, akhirnya cepet cepet lanjut ke pos 5, yaitu pos trakhir. Dsitu masuk sela sela hutan jati, dan disambut ceruk jalan, tapi pendek di daerah kebun jeruk (byk taneman jeruk, bukan kebun jeruk Jakarta yaah).

Dan ke lima mbl lolos dgn cepat dan selamat. kemudian ada tanjakan jahanam, nih tanjakan disela sela pohon, klo kita jln gk hati hati bs kena pohon jati yg atos..hehehe

Akhirnya pake sistem tandem saja, krn hari sdh hampir gelap. Dan hebatnya si cheroke naek tanpa ngewinch n tanpa tandem, malah di nongkrong diatas buat mbantuin si susi , ijo godong n mbl Babe Toni...Yipiiiieee..bentar ajah ud kelar tandemnya. Sukses smpe diatas ketika hari mulai menjelang malam.
Kemudian buru buru mluncur ke finish utk berkumpul kembali dengan team lainnya. Dan bbrp team ada yg sdh masuk ketenda, dan ada yg ud balik kermhnya. Karena keesok harinya ada TS. Tapi karena kita smua dr luar kota, jd diputuskan gk ikut SCS atawa TSnya ini.
Serunya perrjalanan kali ini. Gara gara naklukin track extrem ini, akhirnya aku punya julukan baru dr temen"  Papi, yaitu si  'Mas Bro',..haduuuuuuhhh..njatuhkan reputasi cewek secakep saya niih..
Semoga sehat selalu dan lancar rejeki biar bs maen maen lagi di track berikutnya

4 komentar: